Friday, September 16, 2016

Pengertian Racun / Toksikologi Menurut Para Ahli

Pengertian Racun / Toksikologi Menurut Para Ahli
Berdasarkan Daftar Pustaka


Menurut Nelwan (2010),  Istilah Toksikologi awalnya berasal dari bahasa latin yaitu “toxon” yang artinya racun, sedangkan ilmu pengetahuan dikenal dengan kata “logos”. Kombinasi arti ini terbitlah bidang ilmu yang diketahui umum sebagai Toksikologi, dan dalam bahasa inggris disebut Toxicology. Secara etimology Toksikologi terbagi dari dua kata diatas dan didefinisikan sebagai ilmu tentang racun. Toksikologi juga didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari efek-efek merugikan dari suatu zat ( NIOSH : The National Institute for Occupational Safety & Health )

Menurut John H. Duffus & Howard G.K. Worth, Toksikologi/racun merupakan “Studi mengenai asal, properti, efek dan deteksi bahan racun di dalam lingkungan dan segala spesies yang berada di lingkungan, termasuk manusia.” ( John H. Duffus & Howard G.K. Worth, dalam “Fundamental Toxicology for Chemist, The Royal Society of Chemistry Publisher.)

Menurut E. J.Ariens E Mutschler. AM (1994), Ilmu pengetahuan mengenai kerja senyawa kimia yang merugikan terhadap organisme hidup sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan yang memberikan efek toksik atau merugikan terhadap manusia, menyebabkan perubahan biosfer dan lingkungan luar serta membebani lingkungan secara fisik. (E.J. Ariens, E. Mutschler, A.M. Simonis, “ Pengantar Toksikologi Umum”. 1994).[1]

Jangan Lupa Kunjungi  ahmadrapi01.blogspot.com




Daftar Pustaka :


[1]Nelwan, Denny 2010. Bahan Ajar Toksikologi Dasar. Manado

No comments:

Post a Comment