Saturday, September 10, 2016

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli
Beserta Daftar Pustaka

[1]Menurut Geerts secara jelas mendefinisikannya. “Kebudayaan adalah suatu sistem   makna dan simbol yang disusun..dalam pengertian di mana individu-individu mendefinisikan dunianya, menyatakan perasaannya dan memberikan penilaian-penilaiannya; suatu pola makna yang ditransmisikan secara historik diwujudkan di dalam bentuk-bentuk simbolik melalui sarana di mana orang-oarang mengkomunikasikan, mengabadikannya, dan menmgembangkan pengtahuan dan sikap-sikapnya ke arah kehidupan; suatu kumpulan peralatan simbolik untuk mengatur perilaku, sumber informasi yang ekstrasomatik”. Karena kebudayaan merupakan suatu sistem simbolik, maka proses budaya haruslah dibaca, diterjemahkan, dan diinterpretasikan (Kuper, 1999:98).

[2]Merurut Antropologi, Kebudayaan sebagai keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa hampir semua tindakan manusia adalah kebudayaan, karena hanya sedikit aktivitas manusia di dunia ini dibiasakan tanpa belajar.

[3]Menurut Stuart Hall, dalam bukunya “Media and Cultural Regulation” menambahkan bahwa memang benar adanya bahwa aktivitas sosial (social action) akan membentuk sebuah kebudayaan, namun tidak semuanya membentuk kebudayaan. Ada perbedaan pada kebudayaan secara substantive dan epistemologi. Secara substantive aktivitas sosial yang ada ditengah-tengah masyarakat akan melahirkan sebuah kebudayaan, entah itu turun-temurun maupun kebudayaan baru namun secara epistemology, kita merujuk pada sebuah konsep-konsep kebudayaan dalam ilmu pengetahuan tentang bagaimana budaya dipahami dan dijelaskan secara teoritis dan modern. 

Sekian dan Terima kasih...

Jangan Lupa Kunjungi ahmadrapi01.blogspot.com





Daftar Pustaka :


[1]Kuper, Adam. 1999. Culture, Harvard University Press. Cambridge
[2]Koentjaraningrat, 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. PT Rineka Cipta
[3]Hall, Stuart. 2010. The Centrality of Culture. Introduction and The Work of Representation in Representations: Cultural Representations and Signifying Practices.

No comments:

Post a Comment