Sunday, February 26, 2023

Cara Menyisipkan Tabel Standar Kedalam Dokumen Microsoft Word

Apersepsi


SKKNI                

Nomor 56 Tahun 2018

Kode Unit           

J.63OPR00.004.2

Judul Unit           

Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar

Elemen Kompetensi

Membuat Tabel

Kriteria Unjuk Kerja 

Tabel Standar Disisipkan Ke Dalam Dokumen

Kode Program Pelatihan      

J.63.00000.01.19

Program Pelatihan      

Operator Basic Office Tahun 2019

 

 

 Assalamualaikum, kembali lagi bersama saya Rafi di Ruang Pemula, sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang “Cara Menyimpan Dokumen Dalam Berbagai Tipe Berkas”, Sekarang saya akan membuat dan membagikan Tips atau “Cara Menyisipkan Tabel Standar Kedalam Dokumen Microsoft Word”, langsung saja cekidot:

A.  Pengertian Tabel

Tabel adalah Suatu format tampilan yang terdiri dari kolom dan baris. Ada 2 cara untuk membuat tabel, mari kita bahas satu persatu cekidot :

 

B. Cara Pertama

1.  Pilih Tab Insert

Tampilan Tab Insert

2.  Klik menu Table pada grup Tables

Tampilan menu Table


3.  Kemudian lihat pada Objek kotak yang banyak itu menggambarkan tabel, kotak pertama hingga kebawah itu untuk menentukan jumlah tabel baris, dan kotak pertama kesebelah kanan itu untuk menentukan jumlah kolom, pilih sesuai kebutuhan lalu klik jika sudah dan selesai

Tampilan Baris dan Kolom yang sudah tersedia


C. Cara Kedua

1.  Pilih Tab Insert

Tampilan Tab Insert

2.  Klik menu Table pada grup Tables

Tampilan menu Table

3.  Lalu pilih Insert Table

Tampilan menu Insert Table ...

4.  Kemudian akan muncul menu Insert table

Tampilan menentukan Kolom dan Baris

Kotak pertama Number of Columns menentukan berapa jumlah kolom, isi jumlah kolom sesuai kebutuhan

Kotak kedua Number of Rows menentukan berapa jumlah baris, isi jumlah baris sesuai kebutuhan dan selesai

 

Keterangan :

Cara Kesatu
Membuat tabel dengan cara yang kesatu, kita hanya bisa membuat tabel dengan jumlah yang tersedia saja umumnya (jumlah baris 8 dan kolom 10)

Cara Kedua
Jika kita ingin membuat tabel dengan cara yang kedua, kita bisa menentukan sendiri berapa jumlah baris dan kolom yang akan kita gunakan (jumlah maksimal 63 kolom dan baris tak terbatas)



Download SKKNI Nomor 56 Tahun 2018


 Download Program Pelatihan Operator Basic Office Tahun 2019


 

 

Demikian Tips atau “Cara Menyisipkan Tabel Standar Kedalam Dokumen Microsoft Word” dari saya, semoga bermanfaat khusus-nya buat saya pribadi dan teman-teman sekalian, sampai bertemu kembali di Ruang Pemula, terima kasih. Assalamuaikum.

 

No comments:

Post a Comment